Peresmian WAPENA Cabang Innsbruck

Alhamdulillahirobbil’alamin, puji dan syukur kehadirat Allah SWT akhirnya pada tanggal 23 November 2013 WAPENA cabang Innsbruck diresmikan. Pada hari Sabtu tersebut, peresmian dilakukan secara langsung oleh Ketua WAPENA Pusat-Wina yaitu Bapak Andi Junirsah. Sekaligus pada acara ini juga dilakukan penyerahan SK peresmian Wapena cabang Innsbruck. Ketua Wapena Pusat beserta beberapa rombongannya meluangkan waktu datang ke Innbruck untuk menyaksikan dan mengesahkan berdirinya komunitas pengajian di Innsbruck ini.

WAPENA Cabang Innsbruck merupakan wadah kegiatan bagi warga Indonesia muslim yang bermukim di Innsbruck baik mahasiswa, pekerja, maupun pemukim tetap. Banyaknya warga Indonesia yang berdomosili di Innsbruck dan sekitarnya menjadi awal kemunculan ide untuk membentuk suatu komunitas. Komunitas yang berbasiskan siraman rohani keislaman sangat dibutuhkan bagi warga muslim Indonesia disini. Penjagaan komitmen terhadap Islam di negara minoritas muslim sangatlah dibutuhkan. Pengajian merupakan salah satu bentuk kegiatan yang bisa diaplikasikan untuk tetap istiqomah dan menjaga ukhuwah islamiyah. Ditengah-tengah kesibukan individual maupun perbedaan kebudayaan yang dihadapi pada lingkungan sekitar, menjadikan warga muslim Indonesia di Innsbruck butuh asupan siraman rohani. Fasilitas pengajian secara formal, seyogyanya, diperlukan untuk mengkoordinir dan mewadahi setiap kegiatan yang dilaksanakan.

 

Adapun tujuan dan visi dari pembentukan WAPENA Cabang Innsbruck ini adalah untuk:

  1. Merangkul masyarakat muslim yang berada di Innsbruck dan sekitarnya
  2. Saling mempererat tali silaturahmi antar warga muslim Indonesia baik pelajar maupun non-pelajar yang berada di Innsbruck dan sekitarnya
  3. Meningkatkan kualitas keimanan individual
  4. Memfasilitasi dan mewadahi aktivitas rohani keislaman antar warga muslim di Innsbruck.

 

Ragam kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan kedepannya yaitu berupa pengajian rutin 2 x sebulan (setiap minggu ke-2 dan ke-4). Agenda Pengajian berupa TPA untuk anak-anak, pembelajaran Iqro‘ dan doa sehari-hari, tadarusan, serta tausiyah singkat. Bentuk pengajian dibuat selang-seling yaitu online dengan WAPENA Pusat dan tatap muka dengan penceramah. Selain itu, dikarenakan anggota pengajian Wapena Cabang  Innsbruck tidak hanya berasal dari dalam kota Innsbruck saja akan tetapi juga ada yang berasal dari Salzburg, Kundl, Welz, dll, maka tempat pengajian juga akan dilaksakan selang-seling yaitu minggu ke-2: di Innsbruck ; minggu ke-4: di luar Innsbruck. Kegiatan ini ditujukan agar suasana pengajian labih bervariasi sekaligus bersilaturahmi dengan warga pengajian yang bermukim diluar kota Innsbruck.

 

Pada akhirnya, diharapkan usaha pembentukan pengajian WAPENA Cabang Innsbruck ini bisa berjalan dengan lancar ke depannya dan bermanfaat sebagai sarana dakwah dari kita, oleh kita, untuk kita bersama. Wassalam.

 

Kontributor: Ainun

2 Comments

    mulia

    assalamualaikum,

    min, saya baru di Seefeld, ga jauh juga dari Innsbruck. Pengen ikut pengajian gimana caranya ya min? Mohon infonya ya.. Syukran!

      admin

      Waalaikumussalam,
      Pengajian di Innsbruck sementara sedang libur dulu, karena sebagian besar sedang mudik. Tolong kirim no hp ke info.wapena@gmail.com, supaya nanti bisa dihubungi.
      Sementara itu, insya Allah selama bulan Ramadhan, 3 kali seminggu akan ada pengajian menjelang berbuka di Wina. Silahkan jika ingin datang. Atau bisa juga menyaksikan via streaming live. Info lebih lanjut bisa dilihat di website ini atau di group facebook “Warga Pengajian Austria”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.