Kajian Ramadhan 1432H – Episode 4

Dalam kajian ini, Ustadz Dr. Agus Setiawan membahas tentang bagaimana memperkuat keimanan dan ketaqwaan di negeri minoritas muslim.

Salah satu hal penting yang perlu kita resapi dalam diri kita untuk memperkuat keimanan adalah bahwa sesungguhnya Allah SWT mentaqdirkan segala sesuatu bagus. Ingatlah QS Al-Baqarah ayat 216 bahwa “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” Dengan keyakinan ini marilah kita berkontemplasi bahwa apapun yang telah menimpa kita, ingatlah bahwa sesungguhnya Allah SWT sangat sayang kepada kita.

Bermesraan dengan Al-Quran juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Kita sering membaca Al-Quran, khususnya dalam bulan Ramadhan, tapi cobalah juga untuk membiarkan Al-Quran yang “membaca” kita. Maknanya, ketika kita membaca Al-Quran, tanyakan pada diri sendiri, apakah pesan Al-Quran yang kita baca tersebut sudah kita resapi dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal lain yang penting untuk kita lakukan juga adalah mengembangkan kebiasaan berbagi dalam diri kita. Sesungguhnya dengan berbagi kepada kerabat, tetangga, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang-orang yang memerlukan, manfaatnya akan kembali kepada kita. Pada saat kita memberi kepada orang yang sangat memerlukan, meskipun terkadang belum sempat terdengar ucapan terimakasih, tapi kita merasa berbahagia manakalah melihat raut wajahnya dan berbinar matanya. Rasakanlah bahwa pada saat berbagi, Allah SWT mengkaruniakan rasa manis dalam hati kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.