Kajian Ramadhan 1432H – Episode 7

Episode kali ini, 20 Agustus 2011, adalah episode spesial peringatan Nuzulul Quran. Kegiatan dimulai dengan berbagai lomba dan penampilan olah vokal dari warga Wapena. Setelah menikmati buka puasa bersama, Ustadz Agus Setiawan mengajak kita berdiskusi tentang Gaya hidup terbaik: Menggunakan Quran sebagai pedoman hidup.

Al-Quran diturunkan tidak untuk menyusahkan, sebagaimana disebutkan dalam QS Taha ayat 2 “Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah”. Sebaliknya, Al-Quran diturunkan untuk menjadi solusi dalam berbagai aspek kehidupan.

Dalam surat Al-Waqiah ayat 77-78 disebutkan bahwa “Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara”. Allah SWT telah menjanjikan dalam surat Al-Qomar (ayat 7, 22, 32, 40) bahwa “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”

Karakteristik Al-Quran yang lainnya adalah bahwa Al-Quran untuk tidak ada yang menandingi (QS 2:23, 17:88), dan tersusun dengan rapi (11:1).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.