Program Qurban Idul Adha 1442 H

Assalamu’alaikum wr. wb. Bapak/Ibu/Saudara/i warga Wapena

Alhamdulillah, kita sudah memasuki hari-hari awal di bulan Juli, beberapa pekan menjelang Idul Adha 1442H yang insya Allah akan jatuh pada tanggal 20 Juli. Tibalah saatnya bagi kita untuk kembali menjalankan perintah qurban, sebagai bukti ketaatan kita kepada Allah SWT, sebagaimana firman-Nya:

“Katakanlah (wahai Muhammad): Sesungguhnya shalatku, nusuk/ibadah qurbanku, hidup dan matiku hanya untuk Allah rabb semesta alam.  Tidak ada sekutu bagi-Nya, aku diperintahkan seperti itu dan aku adalah orang yang pertama kali berserah diri.” (QS. Al-An’am: 162)

Keutamaan ibadah qurban ini yang menjadi pendorong semangat kami untuk membantu warga Wapena menunaikan qurban dengan cara relatif mudah dan ringan. Pada tahun ini, Wapena menjalin kerja sama dengan Human Iniatiative (yang sebelumnya bernama Pos Keadilan Peduli Umat atau PKPU), satu organisasi terpercaya di Indonesia yang hampir seperempat abad bergiat di bidang sosial dengan cakupan nasional dan global, termasuk dalam menyelenggarakan ibadah qurban. Melalui program “InsyaAllah Qurban”, HI akan menyalurkan hewan qurban ke berbagai wilayah di Indonesia dan sejumlah negara lainnya, seperti Myanmar, Suriah, Palestina dan beberapa negara di Afrika. Program ini tentu akan sangat berarti dalam membantu mereka yang membutuhkan untuk dapat merasakan nikmatnya menyantap daging, terlebih lagi di masa-masa prihatin akibat pandemi.

Dalam mendukung program “InsyaAllah Qurban”, panitia qurban Wapena akan mengumpulkan dana dari warga yang berniat berqurban. Hewan qurban yang diperoleh dari dana ini, akan dibagikan oleh HI ke warga yang membutuhkan, di wilayah yang dipilih oleh Wapena (insyaAllah di Nusa Tenggara Timur yang memang sangat berkekurangan).

Mengingat situasi pandemi yang sangat memprihatinkan di tanah air, pihak HI memberikan jaminan bahwa proses penyembelihan hewan qurban dilakukan tanpa mengundang kerumunan, dan pembagian daging qurban juga dilakukan langsung dari pintu ke pintu kediaman para warga yang menerimanya. Prosedur yang sama sudah dijalankan oleh HI sejak Idul Adha pertama di masa pandemi, di tahun 2020 lalu.

Berikut jenis dan harga hewan qurban yang tersedia (sudah termasuk biaya distribusi hewan ke wilayah sasaran, pemotongan, dan pelaporan):

1. Sapi (berat ± 270 kg): EUR 140 untuk 1/7 (sepertujuh) bagian. Untuk satu hewan sapi utuh: EUR 980                                                                     

2. Kambing/domba (berat ± 23 kg): EUR 125 untuk satu hewan utuh.

Dana qurban dapat ditransfer ke rekening atas nama Bapak Said Taufik Ridha (Tim Keuangan Wapena; WhatsApp +43 676 3541138), *paling lambat Jumat, 16 Juli 2021/6 Dzulhijjah 1442H*:

Bank Raiffeisen

IBAN: AT94 3200 0000 1181 1148.

Mohon dilengkapi dengan maksud/tujuan, misalnya: “Dari Bapak/Ibu Fulan, untuk qurban 1/7 bagian sapi”, atau “Dari Bapak/Ibu Fulan, untuk qurban satu sapi/kambing/domba utuh”.

Informasi dan konfirmasi transfer dapat menghubungi nomor WA di atas.

InsyaAllah laporan penyelenggara qurban Wapena akan disampaikan beberapa hari setelah Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan untuk menyalurkan qurban melalui Wapena/Human Initiative. Semoga ibadah qurban Bapak/Ibu/Saudara/i semua mendapatkan ridho dan ganjaran kebaikan dari Allah. Aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Panitia Qurban Wapena

Tentang Human Initiave:

HI merupakan satu organisasi sosial Indonesia yang berdiri sejak tahun 1999, dahulu dikenal dengan nama Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU). Jangkauan kegiatan HI terbilang luas, dilakukan melalui 13 kantor cabang di Indonesia, tiga kantor cabang di luar negeri (Inggris, Australia, dan Korea Selatan), dan perwakilan di 13 negara (antara lain Jepang, Malaysia, Saudi Arabia, Jerman, Belanda, Turki, Amerika). HI telah berpengalaman selama bertahun-tahun menyelenggarakan kegiatan qurban, dan menyalurkan hewan qurban ke seluruh wilayah Indonesia dan berbagai belahan dunia yang tergolong miskin atau kekurangan pangan, juga ke wilayah yang dilanda konflik seperti Somalia, Myanmar, Suriah, dan Palestina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.